Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga 2013 Matic & Double Blower

Setelah sukses mengeluarkan produk MPV Low End Ertiga dengan 3 varian GA, GL dan GX dengan penjualan mencapai 30 ribu unit sampai awal oktober 2012, awal tahun 2013 suzuki menghadirkan varian ertiga baru yakni Ertiga matic & AC double blower, suzuki ertiga matic double blower AC  ini hadir untuk memenuhi permintaan konsumen yang selalu menanyakan tentang sistem transmisi dan AC suzuki ertiga GA GL dan GX yang hanya menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan menggunakan AC single blower. Suzuki Ertiga terdahulu meskipun memiliki harga yang murah berkisar 145 juta sampai 165 juta (tipe GX) akan tetapi memiliki segudang fitur yang tidak dimiliki produk sekelas ertiga, sebut saja panel switch audio pada stir dan MID yang disematkan pada dashboard mobil ertiga, praktis mobil ertiga menjadi mobil termurah dengan kualitas tinggi yang dibawanya.

suzuki ertiga baru ini tetap menggunakan mesin ertiga terdahulu dengan kapasitas mesin 1375cc & 16 katup memakai 4 silinder dan menggunakan teknologi mesin VVT. Sistem pasokan bahan bakar ertiga matic juga memakai sistem Multi Point Injection (Injeksi) atau tidak memakai karburator, keuntungan menggunakan sistem injeksi adalah mampu menghemat bahan bakar dan menghasilkan tenaga yang lebih besar atau dapat dikatakan mobil dengan sistem ini lebih optimal dalam penggunaan bahan bakarnya.

Suzuki Ertiga Matic tetap memakai platform MPV 7 penumpang, mobil ini mampu menghasilkan daya atau tenaga sebesar 95 hp pada putaran mesin 6000 rpm, mobil ertiga juga memiliki torsi yang cukup besar yakni 130 Nm pada 4000 rpm cukup besar untuk mobil MPV dibanding pesaingnya. Torsi dan Tenaga sangat dibutuhkan oleh mobil dimana torsi akan bermanfaat pada kemampuan mobil membawa beban atau melalui tanjakan, sedangkan tenaga / daya akan berdampak pada akselerasi atau tarikan mobil yang lebih cepat/ kencang, dimana semakin besar daya dan torsi akan menunjukkan kemampuan mobil tersebut dalam hal mekanik.

Suzuki Ertiga Matic yang menggunakan AC double blower ini rencananya akan dijual dengan rentang harga antara 173 juta sampai 185 juta. Keuntungan menggunakan mobil ertiga matic ini kita akan merasakan mengendarai mobil dengan kualitas sangat baik yang membelinya dengan harga murah, sebut saja fitur switch audio yang ditempatkan pada stir/ kemudi yang mana fitur ini hanya didapati pada mobil selain ertiga yang berada pada rentang harga 300 juta ke atas, fitur MID terbaru mobil terkini dimana fitur ini dapat mendeteksi cara mengemudi yang boros bahan bakar, Power Steering Rack and pinion yang menjadi standart sistem power streering mobil-mobil terbaru, sistem break atau rem juga menggunakan sistem ABS EBD dan BA dimana 3 sistem pengereman sekaligus ini hanya disematkan pada mobil-mobil mewah diatas 300 juta sebagai perbandingan pesaingnya hanya memakai sistem rem ABS dan EBD saja

Saat ini low MPV (multi purpose vehicle) berpenggerak roda depan dan bermesin 1.373cc ini menawarkan 3 varian.  Suzuki Ertiga GA dijual Rp. 145.000.000, tipe GL dibanderoli Rp. 155.000.000, dan GX dilepas Rp. 167.000.000.

 

Spesifikasi Suzuki Ertiga ( R3 )

DIMENSI / DIMENSION ERTIGA
GA GL GX
Panjang Keseluruhan/Overall length mm 4,265
Lebar Keseluruhan / Overall width mm 1,695
Tinggi Keseluruhan / Overall height mm 1,685
Jarak Poros Roda / Wheelbase mm 2,740
Jarak Pijak Depan / Front tread mm 1,480
Jarak Pijak Belakang / Rear tread mm 1,490
Jarak terendah / Ground clearance mm 185
Radius putar minimum / minimum turning radius m 5.2
MESIN / ENGINE
Jenis / Type K14B
Silinder / Cylinder 4 in-line
Jumlah katup / Number of valves 16
Isi silinder / Piston displacement cc 1,373
Diameter x langkah / Bore x Stroke mm 73.0 x 82.0
Perbandingan kompresi / Compression ratio 10
Daya maksimum / Maximum output PS/rpm 95/6,000
Momen puntir maximum / Maximum torque Nm/rpm 130/4,000
Distribusi bahan bakar / Fuel distribution Multi point injection
TRANSMISI / TRANSMISSION 5MT
Perbandingan Gigi / Gear ratio 1 3.909
2 2.043
3 1.407
4 1.064
5 0.815
Mundur/reverse 3.250
Perbandingan gigi akhir / Final gear ratio 4.687
RANGKA / CHASIS
Sistem kemudi / Steering Rack& Pinion
Suspensi / Suspension Depan/front MacPhersostnr ut with coil spring
Belakang/rear Torsionb eamw ithc oils pring
Rem / Brakes ABS ABS (EBD&BA)
Depab/front Ventilated disc
Belakang/rear Leading / Trailing Drum
Ukuran ban / Tyres 185/65 R15
BERAT / WEIGHT
Berat kendaraan kosong / Curb weight Kg 1160 1175 1180
Berat kendaraan kotor / Gross vehicle weight Kg 1760
KAPASITAS / CAPACITY
Tempat duduk / Seating capacity Orang / person 7
Tangki bahan bakar / Fuel tank capacity Liter / litres 45

 

Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda

Suzuki Ertiga Sporty

New Maruti Ertiga

 

New Maruti Ertiga

 

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga.jpg

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-2.jpg

High Points:

– Menjadi 7 seater pertama bagi Suzuki yang tidak mematahkan pinggang. (tidak seperti APV).

– Bangku 3 baris

– Dibangun diatas sasis Swift yang dipanjangkan.

– Panjang: 4265 mm, Lebar: 1695 mm & Tinggit: 1685 mm. Sumbu Roda : 2740 mm

– Ditenagai oleh mesin 1.4 liter K series VVT atau Fiat 1.3 MJD diesel. Mesin bensin mengeluarkan tenaga 94 BHP (@ 6000 rpm) dan torsi maximum 130 Nm (@ 4000 rpm). Diesel mempunyai tenaga 89 BHP (@ 4000 rpm) dan torsi maximum 200 Nm (@ 1750 rpm). Akan sangat menarik melihat performanya dengan 7 penumpang

– ARAI rating : Bensin 16.02 kpl & Diesel 20.77 kpl

– Launching di periode Maret  – April

– Fitur termasuk  dual AC (gambar dibawah), 6 speaker audio + USB input, steering mounted audio controls, keyless entry, multi information display dan electrically adjustable mirror.

Hidungnya adalah campuran antara Swift & Splash:

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-3.jpg

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-4.jpg

Kelihatan sumbu roda semakin panjang agar bisa menambah kursi

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-5.jpg

Buntutnya mirip2 Jazz atau SX4 bengkak

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-6.jpg

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-7.jpg

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-8.jpg

Velg Alloy 15″

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-9.jpg

Apakah pernah masuk kedalam  Swift? Berarti sudah masuk kedalam Ertigaa. Kebanyakan dual tone dengan warna beige agar kelihatan lega. Namun sebagai basis dari hatchback kecil pasti terasa sesak

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-10.jpg

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-12.jpg

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-13.jpg

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-11.jpg

Baris kedua dapat digeser untuk dapat duduk lebih lega

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-14.jpg

Baris ketiga lebih cocok bagi anak-anak

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-15.jpg

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-17.jpg

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-18.jpg

Maruti Ertiga 7-Seater : Auto Expo 2012-maruti-ertiga-16.jpg