Swift

Suzuki Swift: racikan Jepang rasa Eropa
(mobilku.com) – Rumor masuknya Toyota Yaris/Vitz ke Indonesia untuk bertarung dengan Honda Jazz makin kencang, meskipun belum ada konfirmasi resmi dari Toyota Astra Motor. Permainan bakal lebih seru bila Suzuki Motor Corp. lalu ikut bermain lewat Swift. Bila generasi kedua Yaris/Vitz baru dirilis akhir tahun ini, Suzuki meluncurkan all-new Swift pertengahan April lalu.

Menurut Suzuki, Swift baru mengawinkan tampilan memikat, kualitas Jepang, driving dynamic ala Eropa plus irit bahan bakar. Tersedia mesin 1.3 liter dan 1.5 liter dengan transmisi 5-speed manual dan 4-speed matik. Tampilan yang ‘beda’ dengan interior lega di sempurnakan dengan spesifikasi yang komprehensif. Semua model dibekali dengan front, side dan curtain airbag, radio/CD player, remote central locking dan immobilizer, electric front windows, steering wheel mounted audio control dan tinted glass.

Pada versi GLX yang lebih mahal, ditambah dengan keyless entry, AC, alloy wheels dan lampu kabut. Dengan keyless entry, sepanjang anda membawa kartu itu di kantong atau ditas, sistem akan menyadari kehadiran anda dan secara otomatis membuka kunci pintu. Anda cukup menekan tombol untuk masuk. Untuk menghidupkan mesin cukup dengan memutas rumah key ignition. Bila anda meninggalkan mobil, sistem akan mendeteksi ketidakhadiran anda, secara otomotis pintu dikunci dan di immobilized.

Dan yang menarik, mulai September, Swift juga menyiapkan varian diesel 1.3DDi. Toyota juga menyiapkan mesin diesel untuk Yaris/Vitz yang akan datang, varian yang belum dimiliki Honda Jazz. Tahun depan Suzuki Swift meluaskan pilihanya dengan varian cabriolet dengan atap logam dan yang paling hot 1.6 liter GTi. Dan Swift bakal terlibat dalam Junior World Rally Championship.

Didisain untuk lebih banyak menghabiskan waktunya di lingkungan kota, dua mesin bensin 1.3 liter berdaya 92 hp dan 1.5 ltier 105hp dipilih karena peforma yang kuat di putaran mesin rendah dan menengah. Mesin 1.5 liter dilengkapi dengan advanced variable valve timing untuk memaksimalkan torsi dan daya di setiap putaran mesin. Torsi maksimal masing-masing mesin adalah 114Nm/4200 rpm dan 133Nm/4100rpm. Kedua mesin ini menghasilkan karakter pengendaraan yang nyaman, dimana Swift 1.3 liter berakselerasi dari 0 – 100km/jam dalam 11 detik, 1.5 manual satu detik leblih cepat dan top speed-nya masing-masing 174.4 km/jam dan 184 km/jam. Sementara konsumsi bahan bakarnya pada semua model lebih dari 40mpg, yaitu 45.6mpg untuk 1.3 liter dan 43.5mpg untuk 1.5 manual. Transmisi manual 5-speed berpindah gigi tanpa sentakan. Versi matiknya dilengkapi dengan gated shift lever hingga pengemudi bisa menggeser tuas, sesuatu yang jarang ditemukan di segmen ini.

Didisain di Eropa

Swift akan diproduksi di Jepang, Hungaria, China dan India. Soal disainnya, Suzuki tidak sekedar menyerap keinginan dan selera pasar Eropa, tapi lebih dari itu. Mereka membangun base untuk disain di Eropa sehingga mereka bisa mendapatkan masukan nilai-nilai berharga dari benak dan cara pikir orang Eropa dan mencari inspirasi dari lingkungan Eropa. Dan sebagian besar dari program pengembangan sasis dan penyempurnaannya didadapt pengujian intensif di jalanan dan sirkuit di seantero Eropa. Hasilnya adalah model yang inovatif, sporty, elegan, penuh daya tarik.

Tampilan bonnet yang khas, berotot, rumah roda gembung, roda yang didorong ketiap sudut dan bahu lebar yang mengalir terus hingga ke lampu belakang mengesankan stabilitas dan daya tarik dinamik. Lekuk-lengkung moncongnya dengan spoiler dan grille kawat mempertegas posisinya. Dan dengan menghitamkan pilar A dan B menghasilkan kesan interior dibungkus kaca. Garis disain lampu depan seperti mengalir hingga bertautan dengan ujung atas lampu belakang.Bagian belakang dirancang untuk mendapatkan keuntungan aerodinamis dan menghasilkan kesan kokoh. Bagian atas tailgate dibentuk agar berfungsi seperti spoiler.

Dengan ukuran 1690, Swinft menjadi salah satu yang terlebar di kelasnya. Dengan wheelbase yang juga panjang, dihasilkan interior lega yang memungkinkan fleksibilitas pengaturan penumpang dan barang. Tim disainer menggunakan aksen aluminum untuk menegaskan kesan sophisticated. Kualitas material dan pengerjaannya yang halus meningkatkan kualitas interiornya. Namun dengan lebar seperti itu, Swift tetap lincah bermanuver, dengan radius putar 9.4m

Radio/CD player menyatu di central fascia yang dioperasikan dengan kontrol tombol satu sentuhan atau lewat kontrol pada palang roda kemudi. Tempat penyimpanan untuk CD dan keperluan lain yang biasa diperlukan diperjalanan tersebar di sekujur kabin, termasuk kompartemen di instumen panel, glove box, front and rear cup holder, kantong dibalik sandaran kursi hingga laci di bawah kursi penumpang depan. Bagasi dapat menampung 213 liter yang dapat mencapai 562 liter bila kursi belakang dilipat.

Swift mendapat rating bintang empat dari Euro NCAP, dilengkapi denganfront, side dan curtain airbags, front-seatbelt pre-tensioners danforce limiters, three point ELR seatbelts dan child seat ISOFIX di kursi belakang. Setiap kursi juga memiliki sandaran kepala dan yang belakang dirancang untuk tidak menggangu pandangan pengemudi ke belakang. Euro NCAP memberti rating 3 bintang untuk perlindungan pedestrian. Sistem pengeremannya didukung ABS, EBD dan Brake Assist.

(oto.co.id)The 3rd Jakarta Motor Show 2006 dijadikan ajang peluncuran varian Suzuki Swift terbaru oleh PT. Indomobil Niaga International (INI), selaku ATPM mobil Suzuki di Indonesia. Varian terbaru itu adalah Swift GT yang nuansa sporty nya sangat kuat. Aroma sporty-nya sendiri menonjol pada aero kit seperti front grille, bumper, side skirt, rear bumper, reserve lamp dan rear upper spoiler. Juga velg dan ukuran ban baru berdimensi 195/50/16, serta moncong knalpot yang jumlahnya dua dengan gaya sporty habis. Menurut Soebronto Laras, President Director INI yang meresmikan peluncurannya di hari pertama JMS 2006 pada 11 November 2006 lalu, Swift telah membuktikan kedigdayaannya di ajang rally JWRC 2006 dengan berjaya di Swedia, Catalunya, Turkey dan lain-lain. Beberapa penghargaan juga diraihnya, seperti Car of The Year 2005 dan 2006 di Jepang, UK, Australia, Belgia, Cina, Eslandia, Irlandia, Swiss dan di Indonesia sendiri melalui ajang Mobil Motor Indonesia Car of The Year 2006. “Oleh karena itu kami hadirkan varian terbaru untuk memenuhi selera anak muda yang gemar penampilan sporty,” kata Soebronto Laras dalam sambutan pembukaannya. Variant baru Swift ini menggunakan mesin M15A DOHC dengan tenaga maksimal 110 ps pada saat putaran mesin mencapai 6000 rpm. Sementara torsi maksimalnya menembus 143 Nm pada 4000 rpm. Kombinasi suspensi Suzuki Rally Based Suspension System membuat daya kejut dan kenyamanannya pas dengan aromanya yang sporty itu. Sementara unsure keamanan mobil ini didukung beberapa fitur penting seperti rem ABS + EBD, dua SRS airbag, TECT Body, side impact beam dan juga pedestrian protection. Fitur-fitur inilah yang membawa Swift memperoleh rating empat bintang Euro NCAP untuk keselamatan penumpang.

PT. Oto Multiartha digandeng untuk mewujudkan pengunjung pameran memiliki mobil yang ditawarkan dengan harga Rp. 151,5 juta (model transmisi manual) dan Rp. 162,5 juta (otomatik). Silakan hadir dan program promosi bertajuk “Gala Fiesta”.

3 thoughts on “Swift

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s