New Vios

Toyota New Vios

Sedan dengan fitur keselamatan yang lengkap ini dipasarkan dalam tiga variant

(oto.co.id)Penampilan Toyota Vios 2007 sungguh berbeda dengan saudara tuanya yang diluncurkan pertama kalinya pada tahun 2003 silam. Kini Vios generasi terbaru memiliki fitur lebih lengkap dan pintar. Bahkan sedan kecil dengan tagline “Fuelsaver & Speedmaker” ini juga didukung desain lebih modern dengan mesin lebih bertenaga namun tetap hemat bahan baker.

Beberapa fitur terdepannya terlihat pada lampu utama yang telah menggunakan HID, yaitu teknologi yang mampu menghemat energi, namun memiliki daya pencahayaan yang kuat dan terang. Dilengkapi pula dengan Automatic Headlamp Levelling Device yang membuat arah lampu utama Vios secara vertical otomatis menyesuaikan dengan level posisi kenbdaraan agar tidak menyilaukan pengendara lain.

Untuk versi paling mewah (G transmisi otomatik), telah pula mengaplikasi smart key, tilt steering wheel & front seat height adjuster, smart stop, yang sangat praktis dalam menghidup matikan mesin. Cukup dengan satu satu jari untuk menghidup matikan mesin Vios generasi anyar ini.

Sementara depot tenaganya menggunakan mesin berkode 1NZ-FE berkapasitas 1500 cc 16 valve DOHC yang didukung teknologi kebanggaan Toyota (VVT-i). Mesin dengan standard Euro II mampu mengolah tenaga mencapai 109 ps pada saat putaran mesin mencapai 6000 rpm, dengan torsi maksimum 14.5 kgm pada 4200 rpm.

Performance Vios 2007 ini menjadi semakin sempurna berkat dukungan teknologi Intelligent Drive by Wire dengan menggunakan ETCS-I Technology (Electronic Trottle Control System with Intelligent) yang menjadikan perpindahan akselerasi lebih halus, responsive, dengan konsumsi bahan baker yang lebih baik, serta emisi yang jauh lebih ramah lingkungan.

Sedan dengan fitur keselamatan yang lengkap ini dipasarkan dalam tiga variant, yaitu G bertransmisi otomatik dan manual, serta variant E bertransmisi manual. Versi pertama dan keduanya ditawarkan dengan harga Rp. 189,8 juta dan Rp. 177 juta (on the road Jakarta). Sedang variant terakhirnya dijual Rp. 164 juta.

Untuk mempromosikan produk anyarnya ini, PT. Toyota Astra Motor telah menjadwalkan sejumlah pameran di TAM Sudirman (13-15 April), Pondok Indah Mall 2 (16-22 April), Bursa Efek Jakarta (16-20 April), Wisma Nusantara (23-27 April), Mall Taman Anggrek (23-29 April) dan Mall Kelapa Gading (4-6 Mei). Silakan hadiri bersama keluarga Anda!

Test drive Toyota New Vios G MT

(25/04/2007) mobilku.com- Sedan mungil yang diberi nama Toyota New Vios ini adalah produk global yang sangat penting bagi Toyota. Dipasarkan dengan nama Belta dan Yaris Sedan disejumlah negara, model ini kini tampil lebih baik dari pendahulunya.

Kami memilih New Vios G dengan transmisi manual. Varian ini berada di tengah antara entry level E MT dan flagship G AT. Pertimbangannya, varian ini biasanya paling banyak dicari konsumen. Selain itu kami bisa menikmati kelengkapan fitur varian G dan tetap merasakan peforma transmisi manual seperti varian E.

Kesan pertama ketika memandang eskteriornya adalah dominannya style elegan dan modern, meninggalkan gaya sporty yang kuat dipendahulunya. Bonnet yang pendek, belt line tinggi, dan disain lampu belakang melahirkan kesan kompak tapi kokoh. Kesan sporti lebih terasa di disain buritan lewat ujung knalpot chrom dan disain lampu kabut belakang (rear foglamp). Kualitas pembuatan, kerapihan dan tingkat presisi pemasangan panel juga dapat acungan jempol.

Masuk ke kabin atmosfer mewah dan modern terasa sangat kuat, berbeda dari pendahulunya. Interiornya hadir dengan biwarna (two tone) yang hangat dan riang. Disain dashboard elegan, simpel dan modern. Dashboard dilengkapi cupholder yang bisa dilipat ke dalam. Cup holder terletak di kiri dan kanan tepat dibawah blower AC.

Panel indikator tetap diposisi tengah, seperti pendahulunya. Kini tampil lebih modern dengan pencahayaan warna biru yang makin berpendar ketika gelap. Dilengkapi juga dengan informasi rata-rata konsumsi bahan bakar. Dari situ terlihat Vios baru ini menempuh 12km/liter dikota dan 14km/liter di tol. Posisi indikator ini terletak di paling kiri, dan pada saat matahari bersinar terang, pengemudi sulit melihatnya.

Fitur yang mendongkrak kesan mewah Vios adalah pengatur audio dari palang kemudi. Tombol-tombol yang dikendalikan jari-jari tangan kiri itu mengatur volume naik turun, pindah track CD dan mode (CD, FM, AM). Bagi yang tidak terbiasa, fitur ini tidak banyak disentuh, karena posisi kontrol audio di center panel juga dalam jangkauan.

Acungan jempol untuk Audio Vios. Ada empat speaker dan dua tweeter. Suara yang dihasilkan sangat bening dan dentuman bass terasa kuat. Setting juga mudah dilakukan lewat tombol yang ada. Suara yang dihasilkan terasa penuh dan setiap detail terdengar jelas.

Bersama audio, kursi-kursi Vios baru ini melahirkan kesan baik. Joknya empuk dilapis fabric lembut dan nyaman disentuh. Strukturnya ergonomis dan sandarannya pas menyangga pinggang serta punggung. Selain bisa digeser dan rebah, khusus kursi pengemudi juga dilengkahi height adjuster.

Vios baru ini dibuat lebih besar dan menghasilkan ruang interior lebih lega yang sangat terasa adalah ruang kaki, baik untuk penumpang depan maupun belakang. Bagasi juga lega dan semakin fleksibel karena ada akses ke ruang bagasi lewat kursi belakang yang bisa dilipat.

Start, injak kopling

Perjalanan dimulai dengan tol dalam kota. Terasa sekali akselerasi sedan baru ini. Meskipun mesin sama seperti dulu, aplikasi teknologi baru intelligent drive by wire dengan ETCS-i sukses membangun kesan bagus.

Pada kecepatan tinggi, kemudi terasa mantap dan laju mobil stabil. Bantingan suspensi tidak keras juga tidak lembut. Goyangan mobil terasa, namun diredam dengan baik. Suara mesin dan ban menyusup masuk, tapi tidaklah mengganggu.

Sistem tranmisi manual tidak istimewa. Bekerja seperti kebanyakan transmisi sejenis. Tidak ada hal baru yang membuat kami terkesan. Bahkan ketika mundur, ada bunyi kasar terdengar (Kami tidak tahu apakah ini kasuistis atau memang bawaan transmisi Vios). Pedal kopling juga mantap. Toyota juga mengatur agar pengemudi selalu menekan pedal kopling saat stater mobil. Jika tidak, mesin menolak hidup.

Pada kecepatan rendah dikota, kemudi lebih ringan dan kinerja rem sangat baik. Vios menggunakan rem cakram disemua roda yang menjamin daya henti lebih optimal. Pada kecepatan rendah mengendarai Vios terasa rilek, lebih-lebih dikombinasikan dengan audio dan kursi yang nyaman.

Menurut kami, Vios punya kans besar untuk sukses di kelasnya dan berpotensi jadi benchmark di segmen ini.

nah, ada comment bagi yg udah nyoba, pertanyaan, or mungkin reviewnya pls ?

10 thoughts on “New Vios

  1. Pingback: New Vios kembali jadi Taxi « Final Destination..the next step

  2. saya pake new vios sdh 2 bulan, kelemahan yg saya rasakan adalah apabila setelah berhenti dan mau jalan dg gigi rendah terkadang akselerasi gas lambat dan sering mati. keluhan lainnya apabila mundur /atret terdengar/terasa bunyi kasar…….. saya pernah bawa/konsultasikan dg auto 2000 memperoleh jawaban yg kurang memuaskan, kemana sebaiknya saya konsul/periksakan ?

  3. dlm wkt dkat rncananya mw bli mobil baru. kira- kira pilihan yg tepat mna ya antara all new honda jazz or new vios. dr sluruh aspek! thanks b4

  4. ak udah pake vios kurang lebih 4 bulan, dari pertama keluar dari dealer bhan bkar pke premium,alhamdulilah dari pertama pake smpe skrng ga da gejala nglitik dimesin, tpi saya bingung harga pertamax skrng sdah murah, mau gnti tpi takut naik lagi. soalnya kalo udah pernah pke pertamax trus gnti premium kata orang2 pasti mesinnya nglitik. bener ga tuh?? tolong bagi yang tau,plz

  5. saya punya all new vios udah 8 bulan, tp tenaga yang didapat kurang. gimana cara nya untuk ningkatin tenaganya? biar gak kalah ama all new city ;>

  6. saya sudah 2 tahun pakai new vios, pada waktu beli mobil ini bener gesit,lincah yang gak kalahbpenting ni mobil bener bener irit dan enak buat luar
    kota ataupun dalam kota gak bikin kantong tipis buat beli bbm, selain itu ni mobil seperpart nya bandel dan kuat tapi harus ori jangan yang mitasi
    akan tetapi pada putaran gigi rendah mobil ini agak endut2 tan gak tau kenapa?padahal aku rutin perawatan.
    sayang nya mobil ini banyak di pakai armada taksi meskipun sebenarnya beda jauh interior atau pun tumpangannya vios dengan limo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s